Game Level 4 Day 5: Ulat Sutera

by - 10:29:00 PM

Bismillah...

ngengat ulat sutera (sumber)

Mengawali pekan ini jadwal kegiatan kami bersama A adalah mengunjungi salah satu museum di kota kami, yaitu museum Kain Cual. Kami berangkat menuju museum agak siang karena harus menunggu ayah menyelesaikan beberapa pekerjaan tambahan di rumah. Sayangnya saat sampai di museum kami tak bisa bertemu dengan sang kurator untuk mendengarkan penjelasan tentang sejarah kain cual ini. Ini karena kurator museum tersebut sedang mengikuti pameran diluar kota. Akhirnya kunjungan ke museum ini di isi oleh A dengan membaca-baca informasi seputar kain cual yang bisa kami temukan disana.

Saat sedang membaca informasi tentang bahan-bahan yang digunakan untuk menenun kain cual A bertanya pada saya apa itu benang sutra dan ulat sutra. Saya hanya bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan menyebutkan bahwa benang sutra itu dihasilkan oleh ulat sutera. Selebihnya saya meminta A bersabar hingga sampai kerumah karena nanti kami akan mencoba mencari tahu bersama tentang si ulat sutera ini.



Sesampainya dirumah, saya dengan mengandalkan youtube segera memenuhi janji pada A untuk mempelajari lebih jauh lagi tentang ulat sutera. Lalu bagaimana dengan E? Sepanjang kegiatan kami saat di museum E juga antusias sehingga terkadang menyentuh manekin yang dipakaikan baju paksian, baju pengantin adat daerah kami. Tak cuma itu, E juga serius memperhatikan alat tenun yang terdapat di museum tersebut. Ia berjalan kesana-kemari sambil banyak bertanya apa ini dan apa itu, sayang sekali saya tak bisa menjelaskan banyak karena saya pun tak terlalu mengerti. Ketika merasa bosan ia memilih berjalan keluar  dan tak lama kemudian kembali ke dalam lalu mulai kembali melihat-lihat benda-benda yang sebelumnya sudah ia lihat. Saat di rumah E ikut memperhatikan video yang menjelaskan siklus hidup ulat sutera hingga menghasilkan benang dan kemudian menjadi kain dengan warna-warna yang indah. Ia antusias menyaksikan bagaimana ulat sutera berubah menjadi kepompong dan pada akhirnya terkurung didalam kokon. E seperti biasa ingin menyentuh sesuatu yang dipelajarinya. Sepanjang sisa siang topik pembicaran kami adalah ulat sutera.  Sesekali E memperagakan gerakan ulat sutera saat akan keluar dari Kokon. begitulah E saat sedang mempelajari sesuatu, dan setelah beberapa hari kemarin mempelajari siklus pertumbuhan bji kacang hijau, hari ini E ternyata kembali mempelajari siklus hidup, yaitu siklus hidup ulat sutera.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"