DIY LILIN DARI MINYAK JELANTAH

by - 4:46:00 AM

Bismillah
Minyak jelantah memang termasuk limbah organik, tapi tidak boleh dibuang sembarangan. Satu liter minyak jelantah dapat mencemari seribu liter air. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengolah minyak jelantah agar tidak terbuang dan mencemari lingkungan. Setidaknya ada dua cara mengolah minyak jelantah. Cara pertama  adalah dengan diolah menjadi sabun cuci. Dan aku sudah pernah tulis di sini. Cara kedua yaitu dengan mengolah menjadi lilin. Biasanya di kelas-kelas yang pernah aku ikuti, resep lilin jelantah membutuhkan stearin atau atau parafin, namun kali ini aku menggunakan lilim warung sebagai pengganti stearin dan parafin. Lilin warung lebih mudah diperoleh di kota kami. Berikut resep DIY Lilin dari minyak jelantah.

BAHAN & ALAT
1. Minyak jelantah yang sudah dimurnikan 20 gr
2. Lilin warung +/- 30 gr (potong kecil2 atau gerus)
3. Crayon bekas secukupnya (gerus)
4. Fragrance oil (optional)
5. Timbangan digital
6. Gelas / mangkok kecil
7. Benang / sumbu lilin
8. Tusuk sate / lidi
9. Mangkok stainless
10. Kompor

CARA MEMBUAT:
1. Ikat sumbu lilin secara melintang pada tusuk gigi atau lidi, masukkan ke dalam cetakan (gelas/mangkok) dengan posisi lidi di atas gelas untuk menahan sumbu lilin. Sisihkan.
2.Campurkan minyak jelantah dan lilin warung yang sudah digerus kedalam mangkok tahan panas.
3. Panaskan di atas kompor hingga lilin meleleh dan tercampur rata dengan minyak.
4. Matikan kompor,  tunggu sampai minyak tidak terlalu panas, campurkan crayon bekas, aduk.
5. Masukkan fragrance oil, aduk.
6. Tuang ke dalam cetakan lilin yang sudah disiapkan. Tunggu hingga dingin.

Aku pernah menjadi pengisi acara p5 di salah satu sekolah dengan materi membuat lilin minyak jelantah ini. Anak-anak sangat antusias saat melihat lilin warna-warni hasil kreasi mereka mengolah minyak jelantah ini.

Dalam skala besar, mengolah menjadi lilin maupun sabun mungkin akan membutuhkan waktu dan tenaga yang juga besar. Untuk kasus seperti ini aku biasanya menyarankan agar minyak jelantah di jual saja ke pengumpul. Mereka selanjutnya akan menjual kembali ke lembaga-lembaga yang mengolah jelantah menjadi bahan bakar alami. Dengan demikian ada banyak cara agar minyak jelantah tak mencemari lingkungan.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"