Game Level 4 Day 9: Jepitan Baju

by - 8:49:00 PM

Bismillah...



Alhamdulillah sudah memasuki hari kesembilan. Hari ini saya kembali mengajak E memainkan permainan sederhana namun memiliki banyak manfaat. Permainan ini juga saya dapatkan lagi-lagi saat mengikuti kelas belajar montessori bersama Mba Julia Sarah Rangkuti. Saya hanya perlu menyiapkan beberapa buah jepitan baju serta mangkuk kecil (jika mengikuti modul, saya harusnya menyiapkan keranjang. Namun saya memanfaatkan apa yang ada dirumah).

Permainan ini sudah pernah kami lakukan sebelumnya, namun saya mengajak E melakukannya kembali karena sebelumnya E masih kesulitan memakai jepitan baju ini. Saya memulai dengan mencontohkan cara memegang jepitan baju, lalu menjepit sisi mangkuk dengan jepitan baju tersebut. E memperhatikan saya dan kemudian segera mencobanya sendiri. Sama seperti kemarin, kesulitan di awal-awal permainan tidak membuat semangat E surut. Ia menyukai aktivitas-aktivitas yang menyibukkan seperti yang dilakukannya saat ini. Sampai akhirnya E bisa memasang semua jepitan baju bisa terpasang dengan benar di sisi mangkuk. Berikutnya E melepas jepitan baju untuk kemudian memasangnya kembali. Beberapa saat berjalan E akhirnya memutuskan menyudahi permainannya. Selanjutnya ia mulai membuat pesawat mainan berbahan jepitan baju tersebut.

Bukan tanpa alasan saya mengajak E memainkan permainan ini. E sedang sangat suka mencoret-coret, namun caranya memegang pensil maupun crayon masih belum benar. Dari permainan ini sebenarnya saya ingin menstimulasi perkembangan motorik halusnya. Namun ada manfaat lain yang bisa didapat dari permainan sederhana ini, antara lain:
1.       Meningkatkan koordinasi mata dan tangan.
2.       Menstimulasi fokus dan konsentrasi
3.       Mempersiapkan anak untuk memegang alat tulis
4.       Menguatkan otot jemari tangan untuk persiapan menulis.

Dan hari ini E kembali belajar dengan cara memanipulasi dan praktek.


You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"