MEMBUAT SABUN LERAK

by - 10:22:00 PM

Bismillah...
Sudah beberapa waktu terakhir aku menggunakan buah lerak sebagai pengganti sabun cuci. Ini karena aku mulai jarang membuat sabun cuci sendiri. Biasanya setiap membeli lerak aku selalu mendapat lerak basah yang masih segar, namun kali ini aku dapat lerak yang kering banget. Dengan buah yang sangat kering ini aku memutuskan untuk membuat sabun cair yang agak pekat.
Jika biasanya untuk 10 butir lerak bisa menggunakan 1 liter air. Kali ini aku mencoba pakai 500ml air.

Alhamdulillah buah lerak yg sudah kering ini tetap bisa dipakai... dan tetap berbusa.
Selain dengan merendam lerak hingga dua malam, bisa juga dengan menggunakan metode rebus. Biasanya aku menggunakan cara ini jika terlupa merendam lerak 

Lerak atau yang biasa disebut soapberries atau soapnuts ini adalah buah yang bentuknya mirip seperti kacang walnut dan tumbuhnya di pohon yang tingginya mencapai 10 meter. Indonesia kaya sekali dengan tanaman ini karena tanah dan iklimnya.

Buah ini dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai bahan pencuci tradisional. Paling banyak digunakan untuk mencuci bahan batik demi menjaga kualitasnya. Hanya saja, lerak ini hanya dikenal sebatas sebagai pencuci alami batik yang alami padahal sebenarnya buah ini punya kegunaan yang jauh lebih banyak dari pencuci batik. Biasanya bahan pencuci batik ini sudah diramu dan cair yang dijual di kemasan botol. Sedangkan lerak yang akan kami bicarakan dibawah ini benar-benar langsung digunakan dari buahnya.

Biji lerak mengandung saponin dan saponin inilah yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci. Dapat pula digunakan sebagai bahan pembersih lantai, ruangan, rambut, muka dan bahkan membersihkan binatang peliharaan.

Manfaat Lerak?

Lerak ini 100 persen alami dan biodegradable terutama karena serangga secara alami menjauhi saponin, jadi tidak perlu pestisida di dalam budidaya mereka. Mereka juga antimikroba, aman untuk pembersihan, hypoallergenic dan cukup lembut untuk digunakan pada kulit sensitif, serta pakaian bayi. Buah berry ini memiliki aroma seperti buah nanas, tetapi ketika mereka digunakan dalam mencuci, mereka tidak meninggalkan aroma sama sekali. Less packaging, energy, dan processing.
Jadi, bikin sabun cair dari lerak yuk...

Sumber:zerowaste.id

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"