A Call to Action

by - 10:16:00 PM

Bismillah...

Dua atau tiga tahun yang lalu sempat diminta untuk mengisi kegiatan dengan tema lingkungan di salah satu pondok pesantren di kota kami, namun kondisi hamil besar tidak memungkinkan untuk hadir dan sharing ke sana. Setelah diskusi kecil, akhirnya diputuskan Pak Su saja yang mengambil alih acara tersebut, karena beliau pun sudah menerapkan zerowaste. Selesai kegiatan hingga beberapa hari berikutnya kami diliputi kebahagiaan karena apa yang disampaikan suami ternyata langsung diterapkan oleh warga pondok, Alhamdulillah.

Beberapa bulan lalu, aku tiba-tiba saja teringat pada kegiatan ini. Sempat ada obrolan bersama suami bahwa seharusnya ada acara lanjutan lagi untuk menjaga konsistensi warga pondok dalam menerapkan zerowaste. Aku kemudian mencoba membangun komunikasi dengan ustazah di sana, hingga beberapa waktu setelahnya disepakati kali ini giliranku bertandang membawa tema Mengasah Rasa, A Call to Action serta oleh-oleh dari @jerami_babel berupa compost bag dengan harapan sisa organik harian yang dihasilkan di dapur bisa dikomposkan saja.
Bersyukur sekali compost bag diterima dengan baik karena pondok dengan santri sekitar enam ratusan orang ini menghasilkan sisa organik yang tidak sedikit setiap harinya.
Kini dengan adanya compost bag, semoga juga istiqomah memanfaatkan sisa konsumsi dari dapur.  Aamiin
Oya, Mau tahu apa saja yang sudah diterapkan oleh para santriwati di pondok ini? Yup, mereka sudah beberapa tahun terakhir selalu jajan dengan membawa wadah sendiri, mereka tak lagi menggunakan pembalut sekali pakai dan menggantinya dengan menspad, pun mereka sudah memilah kertas2, kardus, dll untuk di setorkan pada pengumpul.  Masya Allah tabarakallah. 

Satu catatan yang seringkali ku ingat kala berkunjung dan melakukan edukasi ke pondok pesantren adalah bahwa mereka begitu menghargai ilmu. Suasana acara begitu khidmat. Bukan berarti bahwa saat melakukan edukasi ke tempat yang lain aku tak menemukan suasana khidmat, sama sekali bukan. Hanya saja aku begitu menikmati ketenangan para santri saat acara berlangsung. Wallahu a'lam.

Terimakasih atas kesempatannya sudah mengizinkan Jerami babel untuk berbagi sedikit pengetahuan ini.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"