Game Level#1 Day#9 : Aku suka Apel

by - 12:51:00 AM

Bismillah...

Memperhatikan kebiasaan E akhir-akhir ini yang suka sekali dengan huruf-huruf membuat saya mulai mengenalkan nya dengan huruf. Mengajaknya bernyanyi fonik (pada bagian ini saya akhirnya membuka buku lama saat pernah mengikuti pelatihan CBIF), lalu dalam berbagai kesempatan menunjukkan huruf yang sedang ia nyanyikan, tanpa sedikitpun memaksanya. Sebaliknya justru E yang acap meminta untuk ditunjukkan huruf yang saat ini selalu ia nyanyikan. Tentu saja saya akan dengan senang hati menunjukkannya.

Bersyukur saya memang sedang belajar Metode Montessori dengan intens meskipun hanya melalui kulwap. Dan lagi-lagi saya harus bersyukur karena pemateri di kulwap ini membagikan ilmunya dengan sungguh-sungguh. Termasuk yang dibagikan adalah mengenai periode sensistif anak yang ditandai dengan senangnya anak terhadap sesuatu, dan bahkan terdorong untuk mengembangkan keterampilannya tentang sesuatu tersebut. Yup, Tepat sekali dengan yang terjadi pada E beberapa hari ini.

Tantangannya ternyata, disamping E sangat antusias menunjuk-nunjuk huruf, kemudian menyanyikan lagu fonik serta aktivitas lain yang berhubungan dengan huruf. E tetap saja seorang anak yang masih sangat suka bermain-main. Sekali waktu ia akan menyanyikan huruf A, tapi yang liriknya ia ganti dengan berbagai kalimat yang ia suka. Pada kesempatan lainnya ia menyebutkan huruf sekehendak hatinya, sambil tertawa-tawa. Hmm... tampaknya harus mengeluarkan jurus komunikasi produktif lagi, nih.

Saya menanti saat-saat E menyanyikan lagu foniknya tanpa saya minta, dan tidak butuh waktu lama untuk terjadinya hal ini.

“Aku suka apel, a a a”
“A a a, a bunyi huruf e...” Sambil tertawa-tawa ia menyanyikannya, sepertinya karena E memang menyadari bahwa bukan seperti itu seharusnya bunyi lagu tersebut.
“Wah E nyanyi lagu apel ya?”Ia cuma mengangguk, masih tertawa-tawa.
“Yuk nyanyi yang bener” Saya membalas sambil tersenyum samibl berusaha memberikan instruksi sederhana. Keep Information Short and Simple, kaidah pertama komunikasi produktif dengan anak.
“ikut mama ya...” lalu aku mencontohkan kembali, sambil kemudian mengajaknya mengulang bersama.

Beberapa kali E masih dengan gayanya, kadang menyanyikannya dengan benar kadang mengganti ganti hurufnya. Lalu saya memberi pilihan ia mau menyanyikan huruf A, atau huruf E. Jawabannya ia ingin menyanyikan huruf A.

“Kalau huruf A, lagu yang bener seperti yang mama contohkan ya...” Saya mencontohkan kembali, lalu mengajaknya mengulang lagi. Kali ini E melakukannya dengan benar. Alhamdulillah... berkomunikasi memang ada seninya ya... dan saya sebagai emaknya hanya butuh sedikit memanjangkan sumbu kesabaran sambil terus belajar melakukan komunikasi produktif tentunya.


You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"