Game Level#1 Day#5 : Tell What You Want

by - 8:52:00 PM

Bismillah...

Perjalanan sebagai  ibu dengan anak-anak yang alhamdulillah sangat energik seringkali membuat saya merasa kehabisan energi, walaupun belum separuh hari saya jalani. Tak jarang hal ini juga menjadi pemicu drama di rumah kami, hiks.

Seperti hari ini saat saya masuk ke kamar A yang (lumayan) berantakan, sementara saya sedang merasa letih untuk sekedar memungut barang-barang yang  terserak di lantai. Dalam hati sempat bergumam, bukankah kamar ini baru saja dirapikan? Kenapa sudah berantakan lagi? Separuh diri saya ingin segera mengeluarkan rentetan ocehan agar A merapikan kembali kamarnya. Separuh lagi masih berusaha mengendalikan lisan dengan beristighfar terlebih dahulu, dan ini sepertinya berhasil. 

Jenak berikutnya saya menarik napas untuk setelahnya memanggil A, dengan intonasi yang terkendali pitch control nya.
Saya berusaha menjaga intonasi tetap  rendah sambil mengingat trik apa yang kira-kira paling mengena jika saya gunakan untuk meminta A merapikan kamarnya. Lalu percakapan pun dimulai...

Saya : A, boleh kesini sebentar?”
A : (nyantai banget) “Okeee..”
Saya : “Mama mau A rapikan lagi kamarnya ya, nak!”
A : “hmmm..”
Saya : “kalo kamarnya rapi kan enak dilihat...”
Mungkin kalimat saya kurang spesifik, jadi saya mencoba dengan kalimat lain.
Saya : “Mama mau, A pungutin ya barang-barang yang ada dilantai”
A : “oh, oke maa” (masih nyantai)
Saya : “Trus letakkan lagi di tempatnya masing-masing yaa...”

Saya keluar dari kamar,  membiarkannya bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya setelah membantunya memungut salah satu barang di lantai.

Beberapa menit setelahnya saya masuk lagi karena mendengar A memberitahukan bahwa ia telah selesai. Ya, kamarnya sudah rapi lagi, tak ada lagi lantai yang penuh dengan barang yang tak seharusnya. Alhamdulillah... 

Just tell what you want, and keep it short and simple so that they will understand easily.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"