Game Level #2 Day 2; Sabar...

by - 8:51:00 PM

Bismillah...

Sore hari biasanya jadwal menyapu rumah akan saya kerjakan sendiri. Tapi sejak dimulainya tantangan sepuluh hari yang mengharuskan saya melatih kemandirian A dan E dengan lebih serius saya jadi perlahan mendelegasikan tugas menyapu pada A. Alhamdulillah hari pertama sukses kami lalui bersama.

credit: freepik.com


Bagaimana dengan hari kedua?  Sepertinya saya memulai dengan bahasa yang kurang tepat saat mengajak A menyapu sehingga ia tak sesemangat sebelumnya.  A menyapu dengan ogah-ogahan karena saya terlalu banyak menginterupsi agaknya. Ya, saya kurang bersabar melihat masih ada sedikit pasir yang tertinggal di belakangnya saat ia menyapu. Saya langsung menyela kegiatan menyapunya. Pelajaran penting yang benar-benar harus saya catat dan ingat agar tak mematahkan semangatnya yang sedang belajar mandiri. Betapa sedihnya saat melihat A kehilangan semangat karena interupsi yang sebenarnya bisa saya tunda. Padahal sebelumnya ia begitu semangat dengan kegiatan yang satu ini. Semoga esok saya bisa lebih bersabar, aamiin.

credit freepik.com


Cerita E juga ternyata tak jauh berbeda, jika sebelumnya ia begitu bersemangat mengetahui saya membiarkannya memakai baju sendiri, hari ini E tak menunjukkan antusiasme yang sama. Lagi-lagi karena saya kurang bersabar, dan segera membantu saat E sebenarnya sedang berusaha. Alasan sedang diburu waktu terus menari-nari di kepala saya saat melihat yang belum kunjung selesai memakai bajunya.  Doa yang sama saya panjatkan. Semoga hari berikutnya saya lebih bersabar.

Ternyata melatih kemandirian anak bukan melulu soal bisa atau tidaknya anak. Ini tentang seberapa kuat saya menahan diri dari teralu sering menginterupsi atau memberi bantuan yang sebenarnya tidak perlu. 

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"