Games Level#1 Day#2: Ganti Perintah dengan Pilihan

by - 11:11:00 PM

Bismillah...

Hari kedua tantangan games level 1 dikelas Bunda Sayang ini sebenarnya saya masih sedikit meraba-raba akan mencoba trik komunikasi produktif yang mana saat berbicara dengan A dan E. Selain tentu saja mengasah trik KISS yang sudah saya praktekkan dihari pertama kemarin.

Lalu setelah membaca ulang materi Komunikasi produktif dengan anak, akhirnya saya memutuskan mencoba berbicara pada A dan E dengan mengganti kalimat perintah dan memberikan pilihan yang membahagiakan untuk mereka dan juga saya tentunya. Bukan tanpa alasan, pemilihan trik yang satu ini karena beberapa waktu terakhir E sering menunda ke toilet setelah bangun tidur. Yang artinya otomatis ia menahan keinginan untuk buang air kecil. Sedangkan A, dia sedang suka sekali mengasah kemampuannya bernegosiasi. Hingga cerita tawar menawar tentang sesuatu pun kerap terjadi diantara kami berdua. Berikutnya silahkan bayangkan sendiri seperti apa kesudahan tawar menawar kami. Ya, waktu yang dibutuhkan untuk memintanya melakukan sesuatu menjadi lebih lama.

Dan tiba saatnya mempraktekkan trik tersebut.

Bangun dari tidur siang, seperti biasa E akan mencari saya. Melakukan kebiasaan lainnya yaitu berdoa bersama, dan saya menawarkannya untuk buang air kecil segera. Jika biasanya saya akan langsung mengajak disertai alasan yang menurut saya akan dimengerti oleh E, kali ini saya memberi pilihan, “E mau pipis duluan, atau ayah dulu yang masuk kamar mandi?” (pas sekali dengan momen ayahnya juga sedang ingin ke kamar mandi). Sempat diam beberapa detik, sepertinya E berpikir sebelum akhirnya menjawab, “E mau pipis dulu” Alhamdulillah (ini saya ucapkan dalam hati, hehe)


Bahagianya emak-emak itu... saat berhasil mengajak anak ke kamar mandi tanpa perlu memakan waktu yang lama. Sederhana bukan?

Berikutnya giliran A, kami berencana pergi ke salah satu tempat wisata sore ini, dan tempat tersebut lumayan jauh serta agak terpencil. Yang artinya kami harus bergegas, jika tidak ingin pulang kesorean. Kemudian percakapan pun dimulai.

Saya : “A, mau sholat ashar sekarang lalu kita bisa segera berangkat, atau mau nanti sholatnya dan kita akan terlambat berangkat?
A : (berpikir) “sholat sekarang aja mah...”
Saya : “baik, wudhu dulu ya...”

Sholat ashar hari ini tak perlu ada drama ternyata. Alhamdulillah...

Dan percakapan sore ini pun berlalu dengan happy ending. 

You May Also Like

2 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"