Game Level 11 Day 10: Ketika Anak Bertanya

by - 10:36:00 PM

Bismillah...

Pada tema yang kesepuluh ini permasalahan yang diangkat adalah seputar pertanyaan-pertanyaan yang seringkali diajukan oleh anak-anak. Tentu saja disini pertanyaan yang dimaksud adalah seputar fitrah seksualitas.


Beberapa pertanyaan tersebut adalah:
  • Kenapa tempat pipis perempuan dan laki-laki berbeda?
"Karena Tuhan menciptakan berbeda, supaya ada perbedaan yang jelas antara laki-laki & perempuan. ” Seringkali anak menanyakan ini bukan untuk mempertanyakan perbedaan fisiknya tapi lebih karena misalnya anak laki² agak kesal kalau pipis harus pisah dengan ibunya, harus dengan ayah. Nah mungkin fokusnya adalah bagaimana supaya dia tetap nyaman pipis bersama ayah.

  • Kenapa aku bisa ada didalam perut ibu? atau kenapa adik bisa ada dalam perut ibu?
Mulai dari jawaban yang umum seperti: “Setelah ayah ibu menikah (ini merupakan penanaman nilai, kalau mau hamil ya nikah dulu), ayah ibu berdoa pada Tuhan supaya dberikan anak, lalu ada kamu deh di perut ibu" . (lalu biasanya bisa dialihkan ke perkembangan janin selama di perut ibu, ada buku²nya yang bergambar menarik buat anak atau bisa browse di internet)
  • Aku tuh, keluar dari perut Mama gimana?
Ini tergantung dari cara lahirnya si anak, kalau keluar melalui operasi caesar, ya katakanlah lewat operasi tsb. Anak akan penasaran untuk lihat bekas operasinya. Tidak ada salahnya diperlihatkan bekas operasinya. Tetapi jika lewat proses kelahiran normal, bilang pada anak bahwa dia keluar lewat suatu lubang yang namanya lubang/mulut rahim, letaknya dekat dengan lubang pipis jadi sulit terlihat. Ibu bisa gunakan buku atau gambar dari internet yang pas untuk menjelaskan pada anak ttg lubang tempat dia keluar ini/lubang rahim.
  • Kenapa ada orang dewasa yang ciuman?
"Untuk menunjukkan rasa sayang antara mereka… tetapi itu hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah saling menikah seperti ayah ibu. ”
  • Kok dada ibu besar, beda sama Ayah?
"Karena ibu memiliki tugas untuk menyusui anaknya, sedangkan ayah tidak. Semua perempuan dadanya besar karena disiapkan untuk menyusui bayi, kan bayi belum bisa makan jadi hanya bisa minum susu dari ibunya.
  • Kenapa sih ibu suka pakai pampers kecil (pembalut)?
“Karena untuk menampung darah yang keluar dari lubang rahim ibu… ini terjadi setiap bulan selama beberapa hari… tidak apa² karena ini baik untuk kesehatan ibu. Namanya menstruasi atau haid. Semua wanita yang sudah dewasa akan mengalaminya. ”
  • Mimpi basah itu apa, Bu?
“Mimpi ini biasanya terjadi pada anak laki-laki yang sudah mau remaja…mimpi ini menandakan kalau tubuhnya sudah beranjak besar, biasanya setelah mimpi celananya basah karena ada sperma yang keluar. Nah kalau sudah ada sperma seperti itu, tandanya kamu sudah remaja/baligh. Mimpinya biasanya mimpi yang menyenangkan, biasanya kamu nanti bertemu dengan perempuan yang kamu sukai di mimpi itu…." (Jika yang bertanya anak laki² ): "Jadi nanti kalau kamu mimpi basah, kasih tahu ibu ya…karena ibu harus kasih tahu apa yang harus dilakukan (ada ke wajiban mandi besar). Nanti ayah akan cerita ke kamu lebih banyak tentang mimpi basah ini karena semua laki-laki dulunya mengalami hal yang sama.
  • Setelah mandi, kenapa aku ga boleh telanjang, harus pakai handuk?
"Karena untuk melindungi bagian tubuh pribadi kamu….kamu harus menyayangi tubuhmu seperti ibu juga menyayangi kamu, terutama bagian tubuh pribadimu (jelaskan batasan tubuhnya) yang hanya boleh dilihat oleh kamu sendiri, orangtua terutama ibu dan dokter dengan ditemani ayah/ibu.
  • Menstruasi itu apa? Kenapa perempuan mengalaminya sementara lelaki tidak?
"Menstruasi itu proses keluarnya darah dari tubuh wanita yang terjadi setiap bulan. Dari mana darah itu? Dari sel telur yang tidak dibuahi. Ini harus keluar supaya perempuan itu tetap sehat. Jadi menstruasi itu tidak apa² . Laki² tidak mengalaminya karena laki² tidak memiliki sel telur. ” (bisa dibantu gambar atau video lucu tentang menstruasi)
  • Onani itu apa?
“Onani itu perbuatan menyentuh alat kelamin untuk mendapatkan kesenangan tapi tidak dianjurkan untuk melakukannya karena akan membuat luka di alat kelamin, nanti akan sakit ketika akan pipis” . 
  • LGBT itu apa, Ma?
"LGBT itu perbedaan orientasi seks pada diri seseorang. Laki-laki suka sama laki-laki atau sebaliknya. Misal gini, setiap orang kan memiliki kesukaan yang berbeda-beda, seperti warna misalnya. Ada orang yang suka warna ungu, merah atau biru. Begitu juga mereka. Namun yang normal dan harus dipegang teguh adalah laki-laki menyukai perempuan dan perempuan menyukai laki-laki. LGBT adalah perilaku menyimpang yang tidak diperbolehkan oleh agama manapun. Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan yang jika sudah dewasa akan menikah dan menghasilkan keturunan. Kita tidak boleh mengikuti gaya hidup mereka.
  • Kenapa abang itu pakai baju perempuan? banci itu apa?
"Abang itu sudah melakukan kesalahan. Laki-laki tidak boleh menyerupai perempuan, begitupun sebaliknya. Ada haditsnya lho" . "Banci lebih tepat digunakan pada orang yang berganti kelamin dan kasus kelahiran bayi dengan kelamin ambigu, tidak jelas laki-laki atau perempuan" .
  • Kenapa kaka perempuan tidak boleh mandi dengan adik laki-laki?
"Karena kita tidak boleh saling mem perlihatkan aurat dan melihat aurat orang lain walaupun adik sendiri. Tubuh kita milik pribadi sendiri yang sangat berharga, tidak boleh dilihat oleh orang lain" "Dulu waktu kakak mandi bareng sama adik supaya belajar mengenal anggota tubuh, termasuk kelamin. Kakak tau beda laki-laki dan perempuan karena kelaminnya pun berbeda. Sekarang kakak sudah besar, harus belajar mandiri" . Proses pengenalan bentuk tubuh ke anak bisa dilanjutkan dengan pelajaran moral, misal tidak boleh memainkan alat kelamin, tidak boleh memegang atau memancing untuk dipegang area kelamin, bokong, paha, dada.

Beberapa pertanyaan lain saya tampilkan dalam bentuk gambar seperti dibawah ini:










Sesi Tanya Jawab

1.Ijin tanya ya bun.. nggak tau nih nyambung atau nggak 🙈
Kalau menjelaskan ke anak balita laki2 tentang sunat itu gmn yaa.. boleh sharingnya dong 🙏🏻. Di sini si anak belum pernah tau tentang sunat, baru mau mau dikenalkan ttg sunat

Jawab:
Mungkin lebih dijelaskan ke anak ttg fitrah manusia ya, krna khitan/sunat itu termasuk salah satu dari 5 fitrah

Karena mereka masih balita, kita menjelaskan dengan bahasa yang mereka mengerti, dan yang terpenting, kita juga jangan lupa mengatakan kalau sunat/khitan itu tidak sakit, jadi tidak ada ketakutan mereka untuk sunat.

Tanggapan:
Nanti dibilang bohong ga ya bun, kalo ternyata pas dikhitan sakit 🙈

>>>Sebetulnya khitan itu bisa dibilang gak sakit bun, hanya pada saat dibius sedikit terasa sakit,         apalagi sekarang sunat itu ada yang pakai laser. 
Malah ketakutan anak-anak yang membuat mereka menangis
Dari baca², sakitnya dikit kyak digigit semut, ga smpai 15 menit selesai
Pengalaman tiap anak beda² ya, arahin aja mba ruli biar dianya tenang, tidak tegang, nyaman, insyaAllah lancar & cepat.
Klo tegang, takut, ya akan terasa menyakitkan


Benar.kata ni dijah, dan bagian ini, bilang juga klo "bagian kelamin adek ini kotor mengandung lemak, mesti dibersihkan, klo dibiarkan bisa menghambat pipit keluar

2. Kira2 biasanya anak akan bertanya kritis begitu diukur berapa y
    Kemaren anak saya di khitan sistem apa y lupa yg pake alat gitu...sehari sakitnya..2 hari Udah bisa lari2..tapi karena takut pecah karena loncat2 dan manjat2..jadi saya takut2i dan buat dia percaya kalau itu sakit. Kira2 itu gimana y..salah gak y 🤭

Jawab:
Ini sering kesalahan kita para orangtua, "menakut-nakuti" dengan rasa sakit☺, yang pasti itu salah, mungkin yang tepat kita mengatakan jangan lari-lari dulu supaya luka benar-benar sembuh

Bertanya kritis sepertinya umur 5 th keatas ya.. karena keingintahuannya bertambah apalagi di usia >5 th organ reproduksi sudah mulai berkembang, anak sudah bisa merasakan respons seksual..

Di usia 5 tahun sesuai dengan perkembangan psikoseksualnya, anak ada dalam fase falik, atau fase di mana si anak mulai merasakan sensasi seksual di kelaminnya pertama kali. Kalau ditelusuri lagi ada tahapan fase-fase sensasi seksual yang berbeda di tahapan perkembangannya. Usia baru lahir sampai dua tahun, sensasi seksualnya di mulut, sehingga disebut fase oral. Usia 2-3 tahun sensasi seksualnya di dubur, sehingga disebut fase anal.

Waktu usia 3-5 atau 3-6 tahun sensasi seksualnya di kelamin, yang disebut fase falik tadi, seringkali tanpa disadari dan dipahami dengan baik. Lalu 6-11 tahun adalah fase laten di mana si anak tidak fokus dengan sensasi seksual tetapi lebih banyak di tumbuh kembang fisik dan kognitif (masa sekolah). Dan usia 12 tahun ke atas sudah masuk fase genital, memasuki perkenalan dan tahapan kehidupan seksual sesungguhnya yang ditandai dengan adanya tanda-tanda pubertas, dan sensasi seksual sudah dinikmati di organ-organ seksnya secara sadar.
Makanya pada usia 3-6 tahun anak-anak sering memegang penisnya



Dari diskusi serta materi di tema sepuluh ini saya kemudian meyimpulkan bahwa jika anak bertanya tentang sesuatu yang berhbungan fitrah seksualitasnya, maka orang tua sudah seharusnya menjawab dengan benar, bahasa yang tidak di plesetkan, namun tetap mempertimbangkan perkembangan cara berpikir mereka.


You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"