Game Level 12 Day 6: Kumandang Adzan dari Gawai

by - 11:22:00 PM

Bismillah...

Sejak awal menikah dan menyandang status kontraktor bersama pak Su biasanya kita selalu milih kontrakan yang deket banget sama masjid. Salah satu tujuannya biar bisa mendengar suara Azan dengan jelas. Tapi Alhamdulillah setelah ga jadi kontraktor lagi, kita malah dapet rizki rumah yang lokasi nya bisa dibilang ga terlalu jauh dari masjid, dan bisa juga dibilang ga deket sama masjid. Nah lho, bingung dah kan. Hehe.. 


Jadi kalo sebelumnya gampang banget buat denger suara azan, kali ini malah ngerasa beruntung banget pas bisa denger azan dengan jelas. Pernah saat Ramadhan A setia nungguin azan berbuka dengan cara berdiri di dekat jendela 😂😂😂😂

Suatu ketika pas lagi ada acara di rumah kita dan sudah masuk waktu sholat tetiba ada suara azan dari gawai salah satu tamu. Dari situlah akhirnya kepikiran kenapa ga unduh juga aplikasi azan. tapi saat itu belum terlaksana gegara si tamu bilang biasanya selisih waktu azan di gawai sama azan dari masjid bisa sampe lima menit, wuihh jauh bener kan ya...


Meskipun udah dikasih tahu kalo azan di gawainya suka ga tepat waktu, rasanya penasaran pengen buktiin sendiri, hingga akhirnya diunduh deh tuh aplikasinya. Berhubung saat itu menjelang waktu Ashar, jadi sekalian kan mau buktiin ini aplikasi akurat ga ya. Daan bertepatan dengan suara azan dari masjid yang kedengeran sayup-sayup, gawai emak juga ada suara azannya, kenceng banget. Alhamdulillah berarti ini aplikasi akurat.



Aplikasi Al Quran Indonesia ini fitur utamanya adalah Al Quran digital , dan azan termasuk dalam salah satu fitur lainnya. Selain azan ada juga fitur arah kiblat. Lengkap dengan kalender hijriyah serta masehi, plus jadwal sholat hingga tiga puluh hari ke depan.


Mirip dengan aplikasi Quran lainnya (sebelumnya saya pake Quran Android) Alquran Indonesia ini juga dilengkapi dengan terjemahan, serta pengguna bisa memilih Qori yang disukai untuk di unduh murottalnya. Ada pula fitur tajwid berwarna, yang bisa dipake untuk mengingatkan tentang hukum-hukum bacaan. Enaknya lagi kita bisa kasih bookmark di ayat terakhir yang kita baca, jadi pas mau lanjutin bacaan kita mudah nyariin batas terakhir yang kita baca.


 Hmm.. apalagi ya? O ya, ada fitur search juga buat memudahkan kalo pas lagi butuh nyari ayat atau terjemahan tapi lupa surat atau ayat berapa. Tinggal ketik kata kunci yang ingin dicari dan biasanya akan muncul ayat-ayat yang mengandung kata kunci yang dicari.


Kelemahannya adalah saat sedang mendengarkan murottal, sering banget tiba-tiba mati sendiri. Dan ternyata suara azan hanya terdengar saat aplikasi ini sedang digunakan, Jadi saat kita sedang ga menggunakan aplikasi ini lalu masuk waktu sholat azannya jadi ga terdengar. Padahal tujuan awal mengunduh aplikasi ini adalah ingin mendengar suara azan lebih jelas. sayang banget. Hal ini yang akhirnya membuat saya ga pernah memperbarui aplikasi ini meskipun selalu ada pemberitahuan untuk memperbaruinya. Selain itu, karena sebelumnya saya memakai aplikasi Quran Android yang tampilannya mirip seperti mushaf Al Quran, saya agak kaget ketika harus beradaptasi dengan tampilan Al Quran Indonesia ini yang menampilkan surat per surat utuh, tanpa halaman. Selebihnya aplikasi ini alhamdulillah membantu banget.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"