Game Level 12 Day 8: Belajar Jarak Jauh dengan GC

by - 10:31:00 PM

Bismillah...

Dua pekan terakhir Indonesia sedang diuji dengan wabah covid-19 yang penularananya bahkan disebut-sebut mengalahkan kecepatan jaringan MLM. Gambaran ini dipilih karena begitu mudahnya si virus menyebar. Melalui bersin, menempel di benda-benda yang di pegang oleh si carrier, atau saat bersalaman. Kondisi ini akhirnya memaksa pemerintah menyerukan social distancing - menjaga jarak - untuk menekan angka penyebarannya. Semoga wabah ini segera hilang. dan semua bisa kembali normal seperti sediakala. Aamiin

Berikutnya anak-anak sekolah mulai dirumahkan. Mirip liburan, namun dengan tetap mengerjakan tugas yang diberikan para guru. Tetap melapor bahwa sang anak sudah mengerjakan tugasnya kepada para guru.

Kejadian ini membuat para guru harus memikirkan cara agar tetap terhubung dengan para anak didik mereka. Beberapa orang yang saya kenal akhirnya memilih menggunakan aplikasi Google Classroom untuk mengakomodir tugas-tugas yang diberikan.


Saya sendiri mengenal GC - begitu biasa kami menyebutnya - ketika mulai mengikuti matrikulasi. Saat itu saya merasa sangat gagap dengan teknologi yang satu ini. Namun karena keharusan kelas matrikulasi, akhirnya saya membiasakan diri berteman dengan GC.

Masuk ke kelas Bunsay, saya bertemu kembali dengan si GC. kali ini saya sedikit lebih tenang. sebagai murid saya hanya menggunakan fitur Stream sebagai tempat saya membaca materi yang diberikan oleh para Fasilitator. Lalu juga sesekali menggunakan fitur Classwork jika saya harus mengunggah tugas. Mengunggah tugas di GC ini juga cukup mudah. Karena aplikasi ini adalah turunan dari Google, tugas bisa di unggah melalui google document. Selain itu masih ada pilihan untuk mengunggah tugas disini seperti pdf, juga jpeg. Semakin memudahkan lagi karena ada fitur notif serta to do agar tak lupa jika ada tugas yang belum di kerjakan.

Meskipun tak terlalu banyak menggunakan GC, namun bagi saya ini sangat membantu. Dan ternyata GC kini juga menjadi salah satu solusi di tengah wabah agar anak-anak sekolah tetap bisa belajar jarak jauh. Bagi para guru, tugas yang diberikan pada anak didik bisa diatur batas waktunya dan setelah menerima tugas dari anak didik, mereka juga bisa memberi nilai layaknya ketika belajar dikelas. Keren ya!

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"