Game Level 12 Day 3: Foto Keren dari Pixabay

by - 5:55:00 PM

Bismillah...

Hari ketiga ini mau oprek-oprek aplikasi yang sering saya pake kalo lagi nyari gambar atau foto pendukung untuk nge-blog, yaitu Pixabay.

versi web

di playstore

Sebelum bahas si Pixabay,  cerita sedikit dulu ah. Seperti yang saya tulis  di postingan level dua belas hari pertama, target saya level ini membawa kembali badge OP yang sempat lepas saat level sebelas kemarin. Tapi apa daya hari kedua ternyata saya bablas ketiduran dan baru bangun jam dua belas malam lewat semenit. Hiks, sedihnya saat itu. Beberapa menit cuma bisa diem, sambil menyadarkan diri bahwa emang saya udah terlambat untuk setor narasi tantangan. Setelah istighfar berkali-kali akhirnya bisa menerima bahwa saya gagal dapet OP di saat baru saja memulai "perang". Daan hari kedua akhirnya dilewati dengan saya yang sibuk menata ulang niat. Bahwa perjalanan kelas bunsay ini bukan sekedar cerita tentang OP. Ada ilmu yang ingin saya ikat dengan cara menuliskannya di blog, itu benar. Ada OP sebagai bonus bagi mereka yang bersungguh-sungguh selama lima belas hari mengikat makna, itu pun tak salah untuk dikejar. Namun saya belajar dari gagalnya mendapat badge Op di level ini dan level sebelas adalah karena saya kembali pada pola mengakhirkan setoran, persis seperti awal-awal masuk kelas bunsay ini. Padahal saat itu saya sudah sempat mengevaluasi diri sendiri agar tak lagi mengakhirkan setoran ini, dan itu berhasil membuat saya membawa badge OP kembali. Jadiiii pelajarannya adalah, selain harus memurnikan niat, saya sepertinya sedang di ingatkan agar kembali mengatur ritme belajar dengan baik. Alhamdulillah 'alaa kulli haal..

nyobain search pake kata kunci lemari


Okaaay... kembali ke topik kita di hari ketiga ini, yaitu review Pixabay. Saya kenal pixabay tahun dua ribu lima belas, dari seorang teman di grup kepenulisan. Apa sih Pixabay? Kalo baca detail di Play store (ketahuan ya saya pake android 😜), ini adalah aplikasi yang nawarin gambar atau foto yang bisa di pake secara gratis. Untuk saya yang selama kelas bunsay sering butuh foto bagus sebagai pendukung tulisan, ini membantu banget. 

Biasanya saya menggunakan pixabay hanya di pc saat ngeblog, tapi untuk menulis review kali ini saya coba unduh. Yang menarik perhatian saya, dari lebih satu juta pengguna yang mengunduh aplikasi ini ternyata rating nya hanya dua koma sembilan dari lima. Hmm.. kenapa ya? setelah baca fitur komentar, saya jadi menebak alasannya. Mungkin ini karena aplikasi ini tidak di perbarui oleh pengembangnya, terakhir tahun dua ribu delapan belas. Padahal jika dibuka dari pc, web pixabay ini cukup update. Dan menggunakannya pun sederhana sekali, cukup ketik kata kunci dan klik cari, saya bisa nemuin banyak foto gratis yang bagus-bagus. Enaknya lagi bisa tetep cari gambar walaupun ga punya akun. 



Selain gambar gratis, aplikasi ini juga menawarkan illustrasi dan bahkan vektor yang tentu saja lagi-lagi gratis. Filter All dan editor's choice nya membantu kita untuk tahu gambar yang banyak disukai oleh para pengguna. Mau gambar dengan gaya horisontal atau vertikal? kita bisa pilih.

Awalnya bahasa yang tersedia di pixabay adalah bahasa Inggris, tapi beberapa bulan terakhir sudah ada bahasa Indonesia. Dan ini tentu lebih memudahkan lagi ketika mau cari-cari gambar. 

Hmm.. apalagi ya? O ya, aplikasi ini ternyata diberi rating 16+  di playstore. Sepertinya setelah menulis review ini saya harus menghapusnya dari gawai saya. Cukup menggunakannya dari pc saja. 😊


You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"