Game Level 7 Day 9: Amanita Muscaria

by - 10:49:00 PM

Bismillah...

“Ma, ayo bacain buku ini!” E tiba-tiba membawa sebuah buku yang sudah dipilihnya untuk saya bacakan. 


Saat saya hendak membaca, ternyata E juga telah menentukan halaman mana yang harus dibaca. Pilihannya jatuh pada halaman yang membahas tentang jamur.
Satu per satu gambar jamur dipilih E untuk dibacakan keterangannya. Namun yang paling menarik minat E adalah jamur dengan nama latin Amanita Muscaria. Jamur cantik yang pada kenyataannya sangat beracun. Berwarna merah dengan dihiasi titik-titik putih pada bagian atas jamur yang menyerupai payung rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi E. Sebelumnya E senang mengumpulkan batu dengan bentuk yang unik menurutnya, lalu senang sekali membantu saya jika sedang memasukkan daun kering ke dalam komposter. Hari ini fokus E tertuju pada jamur amanita muscaria.

Membaca buku kemudian berlanjut ke halaman berikutnya. Namun E masih sesekali mengulang-ulang pembahasan tentang jamur amanita muscaria tersebut. Saya pun menutup sesi membaca kali ini dengan mengingatkan E tentang bacaan kami tadi bahwa jamur amanita muscaria adalah jamur beracun yang tidak boleh dimakan. Beberapa jamur yang lain pun sama beracunnya. Jadi tidak boleh memakan jamur secara sembarangan karena bisa saja membahayakan.

Membaca bersama E membuat saya mengingat beberapa pekan lalu A dan E pernah menonton satu tayangan video yang khusus membahas tentang jamur. Dari reaksi yang mereka tunjukkan terlihat sekali jika E begitu bersemangat melihat setiap jenis jamur tersebut. A merasa bahwa nama-nama jamur tersebut sangat lucu, namun E melontarkan begitu banyak pertanyaan saat itu. Hari ini pembahasan tentang jamur meningkat sampai pada mengenali mana saja jamur yang boleh dimakan dan mana jamur yang beracun. Maka hari ini saya kembali mencatat satu ketertarikan E pada hal-hal yang berdekatan dengan alam.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"