Game Level 6 day 10: Mencari Jalan..

by - 7:28:00 AM

Bismillah...

Mengajak E dan A bermain untuk menstimulasi kecerdasan matematis logis mereka kali ini saya lakukan dengan mengajak mereka bermain mencari jalan. Setelah mencari di pinterest saya pun menemukan beberapa gambar yang saya pikir akan disukai oleh E dan A. Saat bersiap mencetak gambar tersebut saya menanyakan terlebih dulu pada keduanya apakah mereka suka dengan gambar tersebut. Mendapat persetujuan, saya pun segera mencetak beberapa gambar untuk mereka bermain hari ini.

Image source: Pinterest


Gambar pertama untuk E adalah gambar dua buah mobil yang berbeda warna sedang mencari jalan untuk sampai ke sebuah rumah. E mencoba menarik garis sendiri menghubungkanmobil dan rumah di dalam gambar. Saya memperhatikan sampai akhirnya E mengatakan butuh bantuan, barulah saya membantunya. Gambar kedua adalah gambar tiga buah mobil yang digunakan oleh tigas profesi berbeda yaitu ambulance, mobil pemadam kebakaran serta mobil polisi. Ketiganya harus dihubungkan dengan profesi yang sesuai. E kembali menarik garis, mencari jalan untuk ketiga mobil tersebut. Saat akhirnya bisa menarik garis dan menyelesaikan tugasnya saya bertanya pada E tentang “pekerjaannya” kali ini.
“Ini mobil apa, E?”
“Pemadam Kebakaran... ini untuk petugas pemadam kebakaran, Ma...” E menunjuk ke arah gambar pemadam kebakaran.
Dua gambar mobil yang lain pun saya ajukan pertanyaan serupa pada E dan ia  bisa mengelompokkan gambar-gambar mobil tersebut berdasarkan jenis profesi yang menggunakannya.

Menstimulasi kecerdasan matematis logis bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana yang seringkali kita jumpai saat bermain bersama anak. Bagi anak seusia E, mengelompokkan benda berdasarkan hal tertentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Ia akan meminta untuk melakukannya lagi dan lagi. Bagi saya sebagai orangtua, menstimulasi A dan E saat ini semoga membuat matematika bagi mereka nantinya bukanlah seperti menonton film horor alias menakutkan. Karena matematika akan senantiasa mereka jumpai setiap harinya, berputar dan menari-nari di sekeliling mereka melalui benda dan kejadian-kejadian yang akan mereka alami.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"