Game Level 6 Day 5: Ke Perpustakaan...

by - 10:33:00 PM

Bismillah...

Berkunjung ke perpustakaan daerah di kota kami selalu menjadi salah satu dari sekian banyak hal favorit bagi A dan E. Selain bisa memilih buku yang akan dipinjam, disana A dan E seperti dimanjakan dengan ruang baca khusus anak, lengkap dengan beberapa fasilitas permainan edukatif. Yang terbaru Ruang baca khusus anak ini semakin nyaman dengan tambahan beberapa fasilitas lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat A dan E betah berlama-lama disana.

Jadwal ke perpustakaan kali ini saya merencanakan agar E bisa memanfaatkan beberapa mainan edukatif yang ada disana untuk menstimulasi kecerdasan matematis logisnya. Dan benar saja, saat tiba di perpustakaan tak perlu waktu lama bagi A maupun E untuk mulai “bermain” dengan mainan yang ada.

Mainan pertama yang dipilih E adalah mainan Hammer Set. Memukul mukul dengan mainan Hammer Set ini bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik kasar, melatih koordinasi tangan dan mata saat harus memukul sasaran dengan tepat, melatih fokus dan konsentrasi, Serta belajar sebab-akibat – bahwa saat suatu benda dipukul sangat mungkin terjadi pergerakan dan perubahan posisi pada benda tersebut -- jadi saya membiarkannya memainkan ini beberapa saat walaupun ini bukanlah target utama saat datang kesini.


Percobaan pertama


Setelah merasa cukup dengan mainan Hammer Set, E meminta diambilkan mainan timbangan yang terdiri dari beberapa balok geometri untuk ditimbang. Saat bermain mainan timbangan ini E belajar menyeimbangkan sisi kiri dan kanan timbangan dengan cara meletakkan jumlah balok yang sama. Secara tidak langsung pula E sedang belajar konsep berat dan ringan. Percobaan pertama dilaluinya dengan hasil timbangan yang miring ke satu sisi. Belum puas, E kembali mencoba hingga akhirnya berhasil menyeimbangkan kedua sisi pada percobaan entah yang keberapa kalinya. Entah E sudah mengerti atau belum saat saya mencoba menjelaskan bahwa jika ingin seimbang maka sisi kana dan kiri timbangan harus sama beratnya. Jika ada salah satu yang lebih berat maka timbangan akan miring ke arah tersebut.

Saat akhirnya berhasil menyeimbangkan


Setelah bermain dengan timbangan E kembali mencoba mainan yang lain dan akhir menghabiskan sisa waktu di perpustakaan dengan meminta dibacakan buku yang bercerita tentang alat transportasi.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"