Game Level 6 Day 9: Guling...

by - 6:53:00 AM

Bismillah...

Masih dengan tantangan untuk menstimulasi kecerdasan matematis logis anak. Kali ini saya mengambil momen tersebut saat E bermain bersama A. Ya, saya sedang belajar mempraktekkan apa yang dikatakan oleh Ust. Harry Santosa untuk membuat kegiatan belajar mereka berjalan se-alami mungkin. Dengan tujuan agar kegiatan belajar menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan dan menjadi sesuatu yang di tunggu-tunggu oleh anak-anak alias A dan E.

image source: Pixabay

Saat bermain bersama, A dan E berpura-pura menjadi pengendara sepeda motor dengan menggunakan guling. Lalu apa yang bisa di stimulasi dari kegiatan ini? Hal sederhana yang ternyata bisa dilakukan adalah... saat E akan memilih guling yang aka digunakannya sebagai motor-motoran, ia mengambil guling yang berukuran kecil. Saat itu saya menawarkan guling dengan ukuran yang lebih besar.
“Ngga mau, Ma...”
“Kenapa?”
“E mau yang kecil aja!”
“Ooo... memangnya kenapa dengan guling yang ini?” tanya saya sambil menunjukkan guling yang berukuran besar.
“Itu besar, Ma... E mau yang kecil aja”
Saya mengangguk sebelum bertanya kembali.
“Jadi E mau yang kecil? Bukan yang besar?” saya memastikan lagi, dan E pun mengiyakan.
Berikutnya saya mencoba bertanya pada E mana lagi benda-benda yang berukuran kecil dan besar di kamar kami.
Pertanyaan saya harus terhenti saat A dan E akhirnya siap dengan permainan sepeda motor mereka. Dan menstimulasi kecerdasan matematis logis E pun diisi dengan membedakan benda berdasarkan ukuran.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"