Game Level 6 Day 1: Menstimulasi Kecerdasan Matematis Logis, Melingkari...

by - 11:22:00 PM

Bismillah..

Game dipenghujung semester satu ini ternyata tentang menstimulasi kecerdasan matematis logis pada anak. Bagi saya pribadi ini benar-benar menjadi tantangan tersendiri mengingat pengalaman dengan yang sampai saya ikutkan kum*n karena saya pernah merasa tak mampu menstimulasi kecerdasan matematis logisnya saat itu. Meskipun akhirnya A tak bertahan lama di sana. Maka saat mengetahui tantangan pada game level enam ini saya merasa kali ini benar-benar kesempatan saya untuk belajar bersama dan E.

Hari pertama saya masih meraba-raba dan belum memastikan apa yang akan saya mainkan bersama A dan E. Pagi hingga sore hari saya belum juga menemukan ide. Sampai saat E tiba-tiba megambil handbook miliknya saat pernah mengikuti sebuah taman bermain. E membolak-balik halaman handbook tersebut dan menemukan beberapa gambar dengan tulisan berupa perintah untuk melingkari gambar yang ada. E kemudian bertanya “tulisan apa ini ma?” saat itulah saya menemukan momen AHA...
“Ooh.. ini ceritanya kita disuruh melingkari gambar-gambar ini, E...!”
“E, bisa ma... E mau melingkari ya...” ia bergegas mengambil kotak pensil dan mengeluaran sederet pulpen warna, saya hanya memperhatikan. Momen AHA bagi E.
Satu persatu gambar tersebut mulai dilingkari oleh E. awalnya saya sangsi E akan bisa melingkari gambar tersebut, karena biasanya kami hanya bermain tebak bentuk tanpa menggambar atau menuliskan bentuk tersebut. Namun setelah saya melihat hasilnya saya justru terkejut karena E bisa melingkari.
“ Wow... masya Allah sekarang E sudah mulai bisa melingkari ya...” ujar saya saat ia menunjukkan handbooknya.
“Oh ya, E tau ga di rumah kita ini apalagi ya yang berbentuk lingkaran?” tanya saya mencoba memancing E.
“Jam...!” teriaknya.
Dan kegiatan kami akhirnya berlanjut dengan acara mencari bentuk lingkaran yang ada di rumah.
Catatan hari ini adalah saya kembali diingatkan bahwa matematika selalu berada dekat disekeliling kita, dan ternyata tak sesulit itu untuk menstimulasi kecerdasan matematis logis pada anak-anak. Hal berikutnya yang tak luput dari perhatian saya adalah cara E memegang pensil yang kini sudah jauh lebih baik. Ini berarti stimulus bagi keterampilan motorik halusnya sudah mulai menunjukan hasil. Alhamdulillah...



You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"