Game Level 5 Day 1: Pohon Literasi

by - 8:36:00 AM

Bismillah...

image source: pixabay

Membangkitkan minat baca anak, ya itulah tantangan di level lima kali ini. Bersyukur disetiap tantangan selalu disisipkan step by step untuk melakukan tantangan itu sendiri. Pada hari pertama tantangan  ini saya memulai dengan menyepakati waktu membaca bersama Pak Su, A dan E. Biasanya kami cenderung memilih waktu membaca yang nyaman dengan kondisi kami masing-masing. Saya akan membaca dengan mencuri-curi waktu saat A dan E sedang bermain bebas, lalu Pak Su akan menyesuaikan dengan kegiatan dan pekerjaannya, A membaca dipagi hari dan E akan cenderung minta dibacakan buku saat A juga sedang membaca. Malam hari menjelang tidur lebih sering kami habiskan dengan ngobrol santai, ataupun mendengarkan cerita hikmah dari ayah. Dan kini kami menambah agenda dimalam hari dengan membaca bersama.

reading tracker kaya gini banyak banget lho... cantik-cantik pula... 

Berikutnya saya melanjutkan dengan membuat  reading tracker untuk memudahkan kami mencatat buku apa saja yang akan kami baca. Urusan reading tracker ini sempat membuat saya terlalu lama mencermati pinterest karena melihat banyaknya tracker yang bagus. Dan pada akhirnya saya memutuskan membuat sendiri dengan contoh yang saya dapatkan, lagi-lagi dari pinterest.

sengaja pake wallsticker biar gambarnya lucu-lucu...

Selesai dengan reading tracker ala saya, dilanjutkan dengan pohon literasi, ini bertujuan untuk mencatat buku apa saja yang sudah selesai kami baca. Caranya? Setiap bab atau buku yang sudah dibaca di tandai dengan menempel daun baru pada pohon literasi ini. Begitu terus hingga semakin hari daun akan semakin rimbun seiring dengan bertambahnya buku yang selesai dibaca.

Tantangan level ini selain menugaskan saya sebagai ibu untuk membangkitkan minat baca anak ternyata membawa efek lain yaitu saya dan pak su yang akhirnya berbenah lemari buku, lalu mau tidak mau menyediakan satu sudut yang nyaman untuk dijadikan tempat membaca. Ini sebenarnya cita-cita sejak lama yang belum juga terealisasi. Alhamdulillah sekarang menjadi kenyataan.


You May Also Like

2 komentar

  1. Tantangan membaca akhirnya 'memaksa' suatu perubahan positif yaitu Pojok Baca. Mantapp...👏👏👏

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul uni... alhamdulillah bersyukur sekali ketemu tantangan ini :D

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"