Game Level 10 Day 11: Mengikat Batang Padi

by - 10:25:00 PM

Bismillah

Dongeng kali ini masih berlanjut dengan kisah padi. Jika kemarin dan hari-hari sebelumnya kisah orang-orang jaman dahulu yang begitu memuliakan padi telah saya tuturkan ulang pada A dan E, maka kisah padi kali ini adalah tentang perlakuan lain terhadap padi saat para tetua harus beristirahat sejenak dari aktivitas memanen padi.

image source: pixabay

“Zaman dulu...” Saya mengawali kisah saat sedang duduk bersama A dan E.
“Setiap kali orang-orang merasa lelah dan ingin beristirahat dari memetik padi, mereka tidak pernah buru-buru meninggalkan tanaman padi yang sedang mereka petik”
“Kenapa memangnya, Ma?” Tanya A.
“Mereka akan mengambil dua rumpun batang padi, lalu mengikatkannya satu sama lain.” Saya melanjutkan lagi.
A dan E menjadi lebih serius mendengarkan.
“Untuk apa?” Sekarang giliran E yanng bertanya.
“Kalo kata nenek sih, supaya padi-padinya ga lari saat ditinggal beristirahat...” saya menjawab sambil tersenyum.
“Emang padi punya kaki?” E terlihat tak terima dengan jawaban saya sambil melontarkan pertanyaan kritisnya. Saya sudah menduga bahwa entah A atau E akan bertanya seperti ini karena jawaban saya tadi.
“Hmmm... tentu saja tidak, mungkin sebenarnya maksud nenek adalah supaya ketika orang-orang sudah selesai beristirahat dan ingin kembali memetik padi... mereka tidak bingung mencari padi mana yang terakhir mereka petik”
“Ooo...”
“Dengan mengikat batang padi maka akan ada tanda yang bisa gampang ditemukan... jadi ga bingung deh...”
“Jadi ga usah nyari-nyari lagi ya, Ma...” Ujar A.

Saya menutup dongeng hari ini dengan kesimpulan sederhana ala saya. Tindakan sederhana yang terkadang terlihat tak bernilai bisa saja memiliki makna serta arti yang mendalam. Seperti halnya mengikat batang padi. Terlihat remeh namun cukup membantu.

Oya, di daerah kami padi tak hanya ditanam di sawah melainkan juga di ladang atau kami biasa menyebutnya uma/ume. Cara memanen padinya pun berbeda dengan cara memanen padi yang di tanam di sawah. Yaitu dengan cara memetik langsung butir padi dari ppohonnya. Itu sebabnya jika tak diberi penanda berupa batang padi yang diikatkan satu sama lain bisa menyebabkan sulit menemukan mana padi yang telah dipetik dan mana yang belum. Apalagi jika padi yang ditanam sangat banyak, mengikat batang padi seperti yang dilakukan orang-orang terdahulu sangat membantu.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"