Games Level 7 Day 3: Belajar Desain Dengan Canva

by - 11:24:00 PM

Bismillah...

Saya sedang mencoba membuat gambar untuk keperluan menyelesaikan tugas dengan menggunakan aplikasi Canva ketika tiba-tiba A juga ingin ikut belajar menggunakan aplikasi tersebut.
“Untuk apa?” tanya saya ingin tahu.
A hanya menjawab bahwa ia ingin mencoba membuat gambar-gambar yang bagus dengan aplikasi tersebut. Setelah beberapa pertanyaan lain saya lontarkan akhirnya saya membolehkan A untuk mencoba.

Gambar pertama yang dibuat A adalah kartu namanya sendiri. Sebenarnya lebih tepat jika disebut tulisan pertama yang dibuat A dengan aplikasi ini, karena A hanya memilih beberapa template yang sudah tersedia disana lalu mengganti tulisan yang ada dengan namanya serta di tambahkan keterangan homeschooler di bawah tulisan namanya. Setelah ia selesai dengan kartu namanya tersebut, nomor kontak ayah nya menjadi hal yang ia cari berikutnya untuk bisa dikirimkan hasil uji coba nya tersebut. Balasan  percakapan berupa apresiasi positif dari ayah berhasil membuat  A berbinar-binar dan tersenyum senang.

Setelah membuat kartu nama tersebut, A kembali meminta izin untuk menggunakan canva. Pertanyaan yang sama kembali saya lontarkan. Untuk apa?
Ternyata A ingin memanfaatkan canva untuk membuat kartu  anggota pojok bacanya. Saya memang sempat berujar pada A tentang hal ini beberapa hari sebelumnya. Saat itu saya minta agar  kartu-kartu tersebut dibuat dengan bagus, dan A mengartikannya dengan menulis sebagus mungkin kartu-kartu tersebut. Alhasil tulisan A menjadi sangat rapi saat itu, lebih rapi daripada biasanya. Dan kali ini A ternyata memiliki ide untuk mendesain kartunya seperti ia mendesain kartu namanya sendiri.

Jika sebelumnya A begitu berbinar karena mendapatkan respon postif dari Ayah. Maka kali ini sayalah yang berbinar. Saya seperti sedang melihat bintang-bintang bersinar disekeliling A. Saya mendapat hal baru yang akan saya catatkan pada portofolio A hari ini. Ide menggunakan aplikasi pembuat desain untuk menunjang keberlangsungan pojok bacanya menjadi hal penting bagi saya untuk di dokumentasikan. Ya, A sedang mengasah keterampilannya memanage pojok baca sederhana kami.


Detik berikutnya kami sudah sama-sama mencari template desain yang dirasa cocok dan kemudian menyepakati apa saja yang akan A tulis di kartu tersebut. Hal ini kami lakukan bersama ayah yang sudah pulang bekerja. Dan ini menjadi momen our time hari ini.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"