Game Level 7 Day 4: Menjadi Tuan Rumah

by - 11:35:00 PM

Bismillah...

Akhir pekan ini rumah menjadi  lebih ramai daripada biasanya karena teman-teman member Ibu Profesional di Regional kami sedang berkumpul untuk acara kopdar sekaligus mengikuti edukasi dan praktek membuat kompos padat serta cair bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup.

image source: pixabay


Bagi A, akhir pekan adalah jadwalnya membuka pojok baca. Mengetahui bahwa akan ada banyak anak pasti A akan merasa senang karena itu berarti akan ada banyak pembaca bagi pojok bacanya. Setidaknya itulah yang ada dipikiran saya. Namun pernyataan A yang saya dengan justru sebaliknya. Ia justru berencana untuk meliburkan pojok baca tersebut.  Keheranan dengan keputusan A, saya pun menanyakan alasannya. Alasan yang sederhana pun dikemukakan A, ada banyak anak kecil dan A khawatir mereka belum bisa memperlakukan buku dengan selayaknya. Dialog yang kami lakukan sepertinya tak banyak mempengaruhi keputusan A. Ia tetap tak berniat membuka pojok baca. Saya pun tak berniat memaksanya. Sebagai kalimat penutup dialog kami saya hanya menyampaikan bahwa saat ini kami adalah tuan rumah, dan tuan rumah sudah seharusnya memperlakukan tamu dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh A yaitu dengan tetap membuka pojok baca.

Saat akhirnya para tamu benar-benar datang saya tak lagi menyinggung soal pojok baca. Akan tetapi ternyata A berubah pikiran. Sambil tersenyum-senyum ia kemudian mengeluarkan rak buku andalannya. Tak lama setelah itu A sudah tenggelam membaca bersama beberapa anak. Meskipun durasi membaca tak lama layaknya durasi mereka bermain, saya tetap bersyukur karena A mengubah keputusannya karena ini berarti ia mempertimbangkan dialog yang kami lakukan sebelumnya. Beberapa buku yang sebelumnya A simpan karena menurutnya tak akan disukai oleh para pembacanya ternyata hari ini ia keluarkan. Selesai acara, juga diikuti dengan selesainya jam buka pojok baca. Catatan kecil saya hari ini adalah.. Seperti yang selalu dilakukannya, A kembali merapikan buku-buku yang selesai dibaca. Saya yang awalnya bermodal nekat ketika mencoba menjalankan pojok baca ini tentu saja merasa lega karena keseriusan A dalam mengelolanya. Meskipun tentu saja A melakukannya dengan cara yang sangat sederhana sesuai dengan usianya. 

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"