Game Level 7 Day 5: Adab...

by - 11:03:00 PM

Bismillah...

Masih dalam suasana akhir pekan, dan kami lebih banyak melakukan kegiatan diluar rumah bersama A dan E. Sejak pagi kami sudah tak di rumah dan ini berlangsung hingga siang kemudian dilanjutkan kembali hingga malam hari.
A yang sudah mematenkan akhir pekan sebagai jadwal buka pojok bacanya sempat melayangkan protes karena kami seharian berada diluar. Alhamdulillah, saya mencatat ini sebagai bentuk lain keseriusan A soal pojok bacanya. tak berhasil membuka pojok baca dipagi hari membuat A berencana untuk melakukannya pada sore hari saat kami sedang berada di rumah. Namun lagi-lagi A harus mengurungkan niatnya karena kami mengunjungi salah seorang kerabat yang sedang berbahagia karena baru saja melahirkan. Bedanya kali ini A tak lagi bersedih, ia bersemangat karena akan menjenguk bayi.

image source: pixabay


Sedangkan E, ia begitu bersemangat sejak pagi megikuti alur kegiatan kami hari ini. Hingga saat kami sedang menjenguk bayi, saya kembali menemukan sesuatu yang akan saya catatkan dalam portofolio E. E sedang bermain mobil-mobilan bersama sepupunya, lalu seperti biasa saat sudah merasa cukup dengan mainan mobil-mobilan yang dipegangnya E akan mencari mainan lain. Sebelum mengambil mainan yang lain, E hanya saya ingatkan sekali agar mengembalikan mobil-mobilan tersebut ke tempatnya semula. Berikutnya E meminta izin pada tuan rumah yang berusia lebih kecil dari pada E. E meminta agar dibolehkan memainkan mainan yang lain. Ternyata mainan yang diinginkan E adalah mainan kesayangan tuan rumah yang membuatnya tak memberi izin pada E untuk memainkannya. Saya yang menyaksikan hal tersebut sempat khawatir E akan menangis atau memaksa meminjam mainan tersebut. Tapi yang terjadi adalah E segera mengiyakan permintaan untuk tidak memainkan mainan tersebut.  Betapa lega dan bersyukur saya melihat adab E saat menjadi tamu.

Detik berikutnya saya mengingat sebuah artikel yang pernah saya baca tentang sistem pendidikan di suatu negara yang  belum menekankan sisi kognitif pada anak di bawah usia tujuh tahun karena mereka lebih mementingkan sang anak agar terlebih dahulu memiliki adab atau etika yang baik. Semoga E dan A tumbuh menjadi anak-anak dengan adab yang baik. aamiin

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"