Game Level#2 Day 6: Strategi...

by - 9:42:00 PM

credit : pixabay.com

Bismillah...

Hari keenam tantangan sepuluh hari game level 2 saya masih terus berjuang melatih kemandirian pada anak-anak. A dengan tugas menyapu nya setiap hari dan E dengan latihan memakai baju sendiri. Seringnya pola berulang yang diperlihatkan oleh A dan E memaksa saya memikirkan cara lain agar proses ini mereka kenang sebagai hal yang membahagiakan, tak cuma untuk mereka namun juga untuk saya.


Melatih A konsisten menyelesaikan tugas menyapu rumah setiap pagi menjadi tantangan tersendiri bagi saya beberapa hari ini. A yang sebenarnya sangat bersemangat ingin membantu ketika saya belum membolehkannya menyapu berubah menjadi tak antusias lagi saat justru seharusnya ia mulai rutin melakukan hal yang satu ini. Ini karena saya masih memiliki Pe-er soal bersabar melihat hasil A yang belum sesuai ekspektasi saya. Sesuatu yang wajar jika mengingat bahwa A bahkan baru mulai melakukannya dengan rutin kurang dari satu pekan. Dan saya memutuskan mengubah strategi saat mengajaknya menyapu. Jika biasanya saya hanya berusaha melakukan komunikasi produktif saat meminta tolong padanya, kali ini saya mengajaknya berpura-pura menjadi pejuang kebersihan yang harus membersihkan pasukan kuman di lantai rumah kami. Dan ini lumayan berhasil, alhamdulillah. A kembali bersemangat. 
credit: pixabay.com

Berikutnya melatih E untuk konsisten memakai bajunya sendiri. Kali ini saya dan suami mencoba selalu mengulang-ulang kalimat “E sekarang selalu memakai baju sendiri”, atau  “E setiap selesai dari BAK, BAB dan mandi langsung pakai ya bajunya” (ini kami ucapkan karena kadang E menunda memakai bajunya). Kalimat ini kami selipkan disela-sela obrolan saat ia menceritakan permainan yang sedang dilakukannya.  Sepanjang hari satu kalimat ini menjadi trending topik diantara saya, suami, dan E. Strategi ini juga alhamdulillah berhasil. Setidaknya tak ada lagi drama kejar-kejaran sebelum E memakai bajunya.

Satu hal lagi yang saya sadari di hari keenam ini adalah bahwa saya masih minim strategi saat berusaha meyakinkan A maupun E untuk melaksanakan tugas mereka. Sepertinya saya agak lupa dengan pepatah banyak jalan menuju Roma.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"