NHW Pra Bunsay 1; Adab Menuntut Ilmu & CoC

by - 10:01:00 PM

Bismillah...

Memulai perkuliahan di kelas Bunda Sayang ternyata diawali dengan materi yang sama seperti saat memulai kelas matrikulasi, yaitu memahami kembali mengenai adab menuntut ilmu. Adab terhadap diri sendiri yang dengan sadar memutuskan menuntut ilmu di kelas bunda sayang ini, lalu adab terhadap guru sebagai penyampai sebuah ilmu, hingga adab terhadap sumber ilmu itu sendiri, dan bahkan adab saat memiliki keinginan mulia untuk berbagi ilmu yang sudah didapat.
Jujur saja saat membaca materi ini saya langsung teringat masa awal matrikulasi, hanya saja kali ini ada tambahan materi mengenai CoC. Sebegitu pentingnya adab karena ia merupakan prasyarat  bagi para pencari ilmu agar ilmu yang dipelajari menjadi berkah.

Masih seperti kelas matrikulasi, setelah materi terbitlah NHW yang harus dikerjakan (hehe...) dan semoga dengan bersungguh-sungguh mengerjakan NHW pertama ini semakin menambah keberkahan ilmu yang akan didapat nantinya. Aamiin



Poin pertama, alasan terkuat yang saya miliki sehingga memutuskan ingin menekuni ilmu Bunda Sayang. Perintah Allah dalam Alquran agar tidak meninggalkan generasi yang lemah serta ungkapan bahwa ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya selalu menjadi alasan terkuat saya untuk terus menerus belajar dan memperbaiki diri. Saya harus menjadi madrasah, tidak hanya yang  pertama, namun yang terbaik bagi anak-anak saya.

Poin berikutnya mengenai strategi yang akan diterapkan selama mengikuti kelas bunda sayang. Dengan gambaran padatnya jadwal perkuliahan nanti tentu saja harus memiliki strategi agar tujuan mengikuti kelas ini tercapai. Diantara beberapa strategi saya adalah menjaga niat dari awal sampai akhir perkuliahan nanti, lalu fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Selain itu saya juga akan mulai membangun sistem pendukung dalam keluarga kecil saya agar semua tugas bisa terlaksana dengan baik.

Lalu yang terakhir, berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa yang ingin diperbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Setelah mengikuti kelas matrikulasi dan kini kelas bunda sayang ada beberapa hal yang telah berjalan dalam keseharian saya yang ingin diperbaiki, terutama berkaitan dengan penggunaan gadget yang terkadang secara tidak sadar menyita cukup banyak waktu, meskipun terkadang juga dengan alasan untuk menuntut ilmu. untuk itu saya merasa benar-benar perlu memanage penggunaan gadget agar kehadirannya seperti yang pernah disampaikan dikelas matrikulasi dulu “menjadi nilai tambah, dan bukan beban tambah”.

You May Also Like

2 komentar

  1. Semoga ilmu yang didapat nanti membawa keberkahan dalam keluarga ya bun. ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"