Game level#1 Day#3 : Kendalikan Intonasi Suara

by - 11:00:00 PM

Bismillah...

Pagi hari ketiga tantangan game level satu  komunikasi produktif kelas bunda sayang saya masih ingin mengasah trik KISS yang sudah dipraktekkan sejak hari pertama serta trik mengganti perintah dengan pilihan yang sukses saya coba di hari kedua kemarin. Sejak bangun pagi saya hanya perlu sedikit mengingatkan A tentang tugasnya merapikan kembali tempat tidur, dan ia bergegas mengerjakannya tanpa perlu drama. Begitu pula dengan E yang mulai enjoy diajak ke toilet agar segera buang air kecil setelah bangun tidur. Alhamdulillah

Lalu lanjut saat tiba waktu sholat saya masih menerapkan trik memberikan pilihan pada A, kali ini saya memberi pilihan mau sholat bersama saya atau sendiri. Saya memberi pilihan demikian karena ia terlihat belum juga bersiap wudhu untuk kemudian segera sholat.

Namun kisah hari ini belum selesai, menjelang waktu tidur saya mulai melihat ada tanda-tanda akan terjadi drama karena E tidak mau diajak tidur, meskipun saya sudah menemani bahkan hingga saya tertidur lebih dulu dan kemudian terbangun lagi. Sementara saya belum mengetik tugas hari ini sama sekali. Dialog pun terjadi antara saya dan E. Tapi E masih belum luluh. Ia bahkan melarang saya mengetik sembari menjauhkan laptop dari saya, kemudian dengan santainya berbaring pada posisi menghalangi saya dari laptop, fffiuhh...

Tiba-tiba saya ingat pada salah satu trik yang sepertinya pas sekali untuk saya coba saat ini. Ya, saya mendekati E lalu kembali mengajaknya ngobrol santai.

Saya : “E, tidur ya...”
E      : “Ngga mau”
Saya : “Trus E mau apa sayang?”
E      : “Mau tidur sama mamah”
Saya : “Tadi kan sudah tidur sama mamah. mamah anter ke tempat tidur ya...”
E      : “Ga mau, mau tidur sama mamah”

Percakapan masih berlanjut dengan saya yang menawarkan untuk menggendong dan menciumnya sebelum diantar kembali ke tempat tidur, hingga akhirnya ia setuju untuk tidur bersama ayahnya dulu, lalu saya akan menyusul. Detik berikutnya saya sudah berada didepan laptop untuk mulai mengetik tugas yang sempat tertunda. Dan E sudah lelap tertidur setelah mendapat pijatan lembut dari ayahnya. Alhamdulillah... terimakasih Ayah!

Hmmm... dua trik  yang coba saya lakukan bersamaan malam ini saat berkomunikasi dengan E adalah saya berusaha keras untuk tidak terpancing meninggikan intonasi suara, sedikit memaksakan diri untuk tersenyum ketika menatap wajah E, lalu mencoba fokus memikirkan solusi agar ia bisa tidur nyaman sembari saya tetap bisa menyelesaikan tugas tepat waktu.
Bersyukur ada bantuan datang dari Ayah E yang dengan sigap memijat E hingga ia tertidur pulas. Sekali lagi Alhamdulillah...                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"