Games Level#1 Day#1; CnC & KISS

by - 8:25:00 AM

Bismillah...

Setelah dua pekan diawali dengan mengerjakan empat NHW pra bunda sayang, pekan ini kelas bunda sayang akhirnya benar-benar dimulai. Materi pertama yang membahas tentang Komunikasi Produktif membuat saya berpikir kembali, jadi itulah sebabnya kenapa pesan yang ingin saya sampaikan -- baik kepada pasangan maupun kepada anak -- seringkali tidak mereka tangkap dengan baik. Hal-hal sederhana yang dibutuhkan dalam berkomunikasi ternyata masih jarang saya praktekkan.

Dan seperti biasa, setelah materi akan ada tugas yang menanti. Kali ini tugasnya tentu saja berkaitan dengan komunikasi produktif. Dari beberapa kaidah yang telah disampaikan saya memilih mencoba satu kaidah Clear and Clarify yang akan saya perbaiki dalam berkomunikas dengan pasangan, dan satu  kaidah lagi yaitu KISS (keep information short and simple) yang akan saya coba bersama anak-anak.

Bersama pasangan, saya mencoba mengajaknya berbicara mengenai satu hal yang saya pikir perlu dijabarkan secara tertulis. Saya ingin visi keluarga kami tertulis dengan jelas walaupun hanya di selembar kertas, karena selama ini visi yang sama-sama kami sepakati  tersebut hanya kami simpan masing-masing direlung hati terdalam (ciee). Lalu saya mulai bericara dengannya, dengan bahasa yang sederhana namun tak lagi memakai bermacam kode dan isyarat seperti yang selama ini sering saya gunakan. Haha... dan tahukah seperti apa reaksinya? Pasangan saya ternyata memiliki pemikiran yang sama. Menarik rasanya saat mengetahui bahwa cara berkomunikasi yang kurang tepat membuat penulisan visi keluarga kami tertunda proses penulisannya.



Target berikutnya adalah mempraktekkan komunikasi produktif ini bersama anak-anak. Hari pertama ini saya ingin mencoba kaidah KISS, menyampaikan pesan dengan kalimat tunggal. Dan saat si sulung bangun tidur, seperti biasa dia akan mencari saya dan kami membaca doa bangun tidur bersama, namun pada tantangan hari pertama ini, selesai berdoa saya langsung menatap matanya dan tersenyum sambil mengucapkan “A, tempat tidurnya langsung rapikan ya sayang”, dan ia beranjak segera merapikan tempat tidurnya. Ffiiuhhh, Sempat ragu karena saya sepertinya tipikal emak-emak yang saat berbicara bisa mencapai satu halaman jika ditulis, serta dengan kecepatan super (meminjam istilah anak-anak).  Tapi kali ini saya benar-benar seperti mendapat bonus menghemat tenaga. Alhamdulillah...
                                              
          

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"