Mandala Perorangan

by - 5:49:00 PM

Bismillah...
Dua atau tiga bulan yang lalu aku berkesempatan mengikuti TOT ecobrick yang diselenggarakan oleh GEA atau Global Ecobrick Alliance. Kala itu niat utama adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas diri. Bagiku yang menurut beberapa teman merupakan tipe learner ini, belajar hal baru adalah hal yang sangat-sangat menyenangkan.
Membuat ecobrick  sebenarnya sudah pernah kulakukan, aku bahkan pernah punya akun di web gobrik dot com. Pak Su dan anak-anak ikut membantu mencuci, menggunting, memasukkan, serta memadatkan plastik ke dalam botol. Sayangnya aku masih belum konsisten mengolah sisa konsumsi yang satu ini sehingga membuat ecobrick akhirnya hanya bertahan beberapa bulan saja.
Setelah itu, ecobrick yang sudah ada jadi tak terurus. Aku memilih fokus pada hal lain seperti mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci atau lilin, membuat sabun sendiri, belanja dengan membawa wadah sendiri, serta upaya sederhana lain untuk tetap ber zerowaste.

Kembali ke cerita TOT ecobrick di bulan november lalu, ada beberapa sesi belajar yang harus aku dan peserta lain ikuti. Setiap usai sesi belajar biasanya kami akan diberikan Pe-eR. Pekan pertama aku ingat diminta membuat ecobrick dan mandala perorangan. Tugas yang sangat menyenangkan sekaligus menarik, pikirku saat itu. Kenapa menyenangkan? Karena membuat mandala menghadirkan perasaan serta suasana saat aku masih aktif sebagai henna artist. Nyatanya aku menunda hingga menit-menit terakhir untuk bisa membuatnya. Kebiasaan ingin perfect saat melakukan sesuatu kadangkala justru membuatku terlambat mengeksekusi ide dan beberapa pekerjaan.

Apa yang membuat menarik dari tugas membuat mandala? Jika sebagai henna artist aku biasa membuat mandala sebagai salah satu jenis motif henna dan membuatnya menggunakan henna pasta, maka tugas mandala kali ini harus dibuat dari bahan-bahan alami yang ditemui di lingkungan sekitar. 

Selain menarik, tugas ini juga cukup menantang karena di hari terakhir batas pengumpulan tugas ternyata kota kami diguyur hujan sejak pagi hingga cuaca jadi sangat sejuk. Berdiam di rumah menjadi pilihan yang sangat menyenangkan. Akan tetapi, at the end of the day mandala peroranganku jadi dengan bahan berupa bunga telang, bunga asoka serta bunga lengkuas yang ku petik dari halaman rumah. Alhamdulillah...

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"