Bronkus Ketan Gluten Free, No Food Additives

by - 6:21:00 PM

Bismillah
Biasanya kalau bikin brownies selalu pakai tepung beras, dan anak-anak sama suami juga suka banget. Tapi kali ini nyobain pakai tepung beras ketan dulu karena ternyata si bapak ojol (ceritanya pake jasa ojek online) salah beli. Jadi ya udah pakai yang ada aja lah ya. Kasihan juga si bapak yang sampe dua kali bolak-balik rumah saya karena saya salah pas ngisi aplikasinya, hiks maafkan ya pak.

Awalnya rada deg-degan bakal bantet karena belum pernah pake tepung beras ketan. Takut salah takarannya. Tapi pas udah jadi ternyata sama lembutnya sama brownies yang biasa saya bikin pake tepung beras.

Alhamdulillah anak-anak juga suka. Dan seperti biasa emaknya ini yang selalu mati gaya kalo disuruh motret makanan masih semangat dan penasaran buat motret si brownies ini.
Cekrek jadi deh fotonya. Upload ke instagram buat nanya doang sama teman-teman di instagram fotonya dah berhasil belum? Haduh dasar emak-emak ya...

Eh ternyata ada yang nanya resep, padahal ini aslinya resep coba-coba. Kalau resep aslinya bisa lihat di blog nya ummu fatimah, blog favorit saya buat nyari resep. Bedanya Cuma saya pake tepung beras ketan aja.



Bahan-bahan :

6 butir telur 
200 g gula pasir
200 ml minyak goreng (resep asli pake canola oil)
100 g tepung ketan
30 g maizena
120 gr dark cooking chocolate (DCC), potong kecil2
40 g cokelat bubuk
1 sdm minyak goreng untuk mengolesi loyang

Cara Mambuat :
  • Campur tepung ketan, maizena dan coklat bubuk, ayak. 
  •  Olesi loyang bundar diameter 22 cm dg minyak. Panaskan kukusan.
  • Lelehkan DCC dengan cara memanaskan minyak sebentar, matikan api, lalu masukkan DCC, aduk hingga DCC larut.
  • Kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan paling tinggi hingga adonan mengembang dan kental kira-kira 5-10 menit.
  • Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata sampai tidak ada tepung yg menggumpal di dasar. 
  • Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk kembali hingga rata. Matikan mikser.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30 menit atau hingga matang dengan api sedang cenderung kecil.


Note:  Pastikan air kukusan sudah mendidih saat memasukkan loyang dan jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain supaya airnya tidak menetes ke brownies.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"