Challenge II: Kompos...Panen yuuuk!

by - 10:28:00 PM

Bismillah...

Hampir saja saya lupa dengan challenge yang satu ini. Alhamdulillah ada mba fasil yang mengingatkan. Efek menunda-nunda pekerjaan nih, pliiis jangan ditiru ya.

Setelah sebelumnya menjalani challenge membuat eco enzyme, kali ini giliran ngompos nih. Yeaayyy suka banget dengan tantangan ini... 

Di rumah emang sudah ada komposter, dua komposter ember dan satu komposter gentong (yang ini titipan teman-teman IP BABEL) jadi untuk challenge ini saya tinggal melanjutkan komposter yang sudah ada. Setiap hari masukin sisa organik kedalam komposter. Sesekali cek kondisi komposter apakah terlalu basah atau malah kering. 

Dua komposter ember saya pakai bergiliran, jika satu sudah penuh baru beralih ke komposter satunya lagi. Dengan begitu saya bisa menunggu panen kompos padat sambil tetap bisa ngompos sisa organik yang tiap hari dihasilkan.

Sedangkan komposter gentong lebih sering saya gunakan untuk membuang sisa organik dari kulit buah. Harapannya kompos cair yang dihasilkan ada aroma-aroma buahnya,, hehe...

Daaan pagi ini saya panen kompos cair dari si komposter gentong. lumayan banyak... dua botol air nieral ukuran satu setengah liter. jadi total ada tiga liter kompos cair yang dipanen hari ini, Alhamdulillah...
FYI kompos cair mulai bisa dipanen setelah dua puluh satu hari ya...
Sayangnya kompos cair kali ini agak bau, mungkin efek saya dan pak Su pernah salah, masukin sisa tulang ikan kedalamnya. hiks.... Tapi ga papa... dari yang saya baca-baca bau ini bisa dikurangi dengan cara kompos nya diangin-anginkan.


Oya, dua hari yang lalu saya juga memanen kompos padat dari komposter ember, senang sekali rasanya. 

sisa kompos padat setelah di ambil untuk di panen...
Ribet ga sih ngurus tiga komposter ini...? gaa sama sekali ngga, soalnya yang ngurusin komposter bukan cuma saya, ada pak Su dan tentu saja tim krucil A dan E hehe. 

Malah dengan adanya komposter ini, udah lama banget kita ga pernah buang sisa organik lagi. Sebagian besar masuk komposter, kok cuma sebagian? Iya, soalnya sisa-sisa tulang atau yang agak keras langsung ditanam aja sama pak Su. Jadi yang masuk ke komposter yang lebih mudah terurai saja. Bonusnya, ga perlu beli media tanam lagi untuk pasukan tanaman di rumah kami. Alhamdulillah..

Oya, untuk langkah awal ngompos bisa baca di sini yaa...

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"