Pages

Ads 468x60px

Today's Quote

"Enjoy the little things in life, for one day you may look back and realize they were the big things"

Friday, October 12, 2012

Kenalan sama Mastitis

Selama ini hanya membaca dan mendengar saja jika terkadang ada ibu menyusui yang tiba-tiba demam dengan alasan lalai menyusui anaknya, atau alasan-alasan lain yang berhubungan dengan masalah menyusui.

Saat itu kupikir kecil kemungkinan aku akan merasakannnya, karena aku Ibu Rumah Tangga murni sekarang, bagaimana bisa lalai menyusui jika aku berada di rumah seharian?
Namun hari sabtu lalu kami bersibuk ria dengan urusan pindahan, hingga aku lalai menyusui Athiyyah saat itu. Sebagai akibatnya akupun harus berkenalan dengan Mastitis (entahlah yang kualami kemarin sudah sampai tahap itu atau belum). Seluruh tubuh terasa tidak enak, pusing, demam, dan bermacam rasa lainnya yang melengkapi pengalamanku saat itu.
Sampai-sampai suamiku bercanda "kalo mastitis aja udah kaya gini sakitnya, gimana sama mba titisnya ya?"
lain lagi adikku yang langsung bertanya "emangnya mas titis itu siapa yuk?"
Haduh-haduh jadi pada error.

Awalnya kukira aku kena malaria, karena kami baru pindah rumah dan masih belum tahu bagaimana kondisi lingkungan yang baru ini. Sempat dag dig dug hingga memutuskan untuk cek darah, Alhamdulillah hasilnya negatif.
Sambil menahan pusing kupaksakan diri browsing internet. Dan setelah baca di bidanku baru deh ngerti dan sedikit lega.

Lalu setelah membaca Al Qur'an aku baru sadar Allah telah mengatur masalah asi ini di dalam Al qur'an.

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang makruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan juga seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. " (Q.S Al Baqoroh:233)

Subhanallah... jika asi ekslusif yang digiatkan selama ini cukup sampai usia bayi enam bulan, Islam justru menganjurkan hingga dua tahun, dan anjuran itu telah datang empat belas abad yang lalu.

Sekarang jadi sangat bersemangat memberi asi untuk Athiyyah tersayang. :)

"Robbii habli minash sholihiin"
amiin...

Thursday, October 11, 2012

Pola Topi Rajut Bayi (Baby Hat Crochet Pattern)











Kali ini topi untuk Tsabita Lu'ailiyah, anaknya temenku yang seumuran athiyyah anakku. Jadi topi ini bisa untuk bayi berumur 3 bulan.

Untuk project ku yang satu ini pengerjaannya harusnya cepet, tapi karena ga fokus jadinya lumayan lama baru bisa lihat hasilnya. Padahal polanya juga cukup mudah untuk pemula seperti ku.


Material : 
- Benang sembur warna pink muda dan pink tua, Benang Katun bali warna putih (untuk hiasan bunga).
- Jarum hakken rose nomor 8



Pola Topi : 
Benang Sembur  warna pink tua. 

Mulai dengan membuat 7 sc, lalu sl st di sc pertama untuk membentuk lingkaran.

Baris 1 : 3 ch (dihitung sebagai 1dc), 13 dc di dalam lingkaran, sambung dengan sl st di ch ketiga. total 14 dc
Baris 2: (3 ch, 1 dc di tempat yang sama), 2 dc di setiap dc berikutnya, hingga akhir. sambung dengan sl st di ch ketiga.total 28 dc.
Baris 3: 3 ch, 1 dc di tempat yang sama, * dc, 2 dc di dc berikutnya* ulangi langkah * * hingga akhir, sambung dengan sl st di ch ketiga
Baris 4 : Sama dengan langkah Baris 3
Baris 5 : 3 ch, 1 dc di tempat yang sama (jadi disini total ada 2 dc ya), lalu 1dc, 1dc,1dc, (bahasa sederhananya, baris kelima ini terdiri dari 2dc,1dc,1dc,1dc. Lalu ulangi lagi seperti itu sampai akhir)
Baris 6 : 3 ch, 1 dc di tempat yang sama, * dc di 15 dc berikutnya. (bahasa sederhananya, baris keenam ini terdiri dari 2dc,1dc,1dc,1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc, 1dc. Lalu ulangi lagi seperti itu sampai akhir)
Benang Sembur Pink Muda 

Baris 7 : 3 ch, 1 dc di tempat yang sama, * lewati 3 dc, shell stitch* ulangi langkah *  * hingga akhir, buat ch, sambung dengan sl st di ch ketiga.
Baris 8-14 :  Ulangi langkah Baris 7.

Benang Sembur Warna Pink Tua
 
Baris 15 : ch 4 (dihitung sebagai 1 tr), tr di tempat yang sama, 2 tr di setiap dc berikutnya hingga akhir, sambung dengan sl st. Matikan benang. Selesai. :)
Selamat mencoba, dan selamat berkreasi ya... 

note : 3 ch selalu dihitung sebagai 1 dc ya... 
Selamat mencoba, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan ya... ^_^


#Neng's



 

Athiyyah Today

CafeMom Tickers

Sample Text

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sample Text

"Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang dzalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya."
(Q.S Al Anfaal : 25)
 
Blogger Templates