Game Level 6 Day 9: Guling...
Bismillah...
Masih
dengan tantangan untuk menstimulasi kecerdasan matematis logis anak. Kali ini
saya mengambil momen tersebut saat E bermain bersama A. Ya, saya sedang belajar
mempraktekkan apa yang dikatakan oleh Ust. Harry Santosa untuk membuat kegiatan
belajar mereka berjalan se-alami mungkin. Dengan tujuan agar kegiatan belajar
menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan dan menjadi sesuatu yang di
tunggu-tunggu oleh anak-anak alias A dan E.
image source: Pixabay |
Saat bermain
bersama, A dan E berpura-pura menjadi pengendara sepeda motor dengan
menggunakan guling. Lalu apa yang bisa di stimulasi dari kegiatan ini? Hal sederhana
yang ternyata bisa dilakukan adalah... saat E akan memilih guling yang aka
digunakannya sebagai motor-motoran, ia mengambil guling yang berukuran kecil. Saat
itu saya menawarkan guling dengan ukuran yang lebih besar.
“Ngga mau, Ma...”
“Kenapa?”
“E mau yang kecil aja!”
“Ooo... memangnya kenapa dengan guling yang ini?” tanya saya sambil menunjukkan guling yang berukuran besar.
“Itu besar, Ma... E mau yang kecil aja”
Saya mengangguk sebelum bertanya kembali.
“Jadi E mau yang kecil? Bukan yang besar?” saya memastikan lagi, dan E pun mengiyakan.
Berikutnya
saya mencoba bertanya pada E mana lagi benda-benda yang berukuran kecil dan
besar di kamar kami.
Pertanyaan
saya harus terhenti saat A dan E akhirnya siap dengan permainan sepeda motor
mereka. Dan menstimulasi kecerdasan matematis logis E pun diisi dengan membedakan
benda berdasarkan ukuran.
0 komentar
Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...