Game Level 6 Day 4: Mengenal Puzzle
Bismillah...
Memasuki hari keempat games level enam tentang menstimulasi
kecerdasan matematis logis pada A dan E saya masih memfokuskan pada kegiatan
bermain dengan E. Dalam satu pekan kedepan saya merencanakan menstimulasi
pemahaman E mengenai bentuk geometri yang sepertinya E sedang dalam periode
sensitif untuk hal ini. Hampir setiap benda yang ditemuinya di rumah akan
diklasifikasikan atau minimal E sebutkan nama bentuknnya.
Hari ini saya menunggu paket kiriman yang berisi kepingan
puzzle untuk belajar E. Rencana membeli puzzle yang lama tertunda akhirnya mau
tidak mau saya lakukan karena saat ini sepertinya tepat untuk mengenalkan
puzzle pada E. Dari artikel yang saya baca menyebutkan bahwa bermain puzzle
sudah bisa dimulai sejak anak berusia dua tahun dengan catatan gambar yang ada
berukuran besar dan bentuknya seragam. (theasianparent.com)
Setelah paket datang saya sudah menebak bahwa baik E maupun
A akan sangat antusias untuk mencoba memainkan puzzle puzzle mini ini. A dengan
pilihannya berupa gambar kupu-kupu serta E dengan pilihan gambar alat
transportasi serta puzzle geometri. Saat pertama mencoba memasang puzzle alat
transportasi E masih terlihat kesulitan karena mungkin ini adalah pengalaman
pertamanya. Beberapa kali saya dampingin namun sepertinya masih terasa sulit
bagi E sehingga akhirnya memutuskan beralih memainkan puzzle geometri. Saat bermain
dengan bentuk-bentuk geometri inilah saya memperhatikan bahwa E begitu
menikmati kegiatannya. Sesekali ia menyebutkan bentuk yang sedang dipasangnya. Sekali
waktu E seperti kesulitan memasang bentuk persegi panjang karena ia
meletakkannya terbalik. Namun disinilah kemampuan memecahkan masalah E sedang
dilatih. Setelah mencoba beberapa cara akhirnya E berhasil dan ia terlihat
begitu senang karena hal tersebut.
Catatan hari ini adalah saya seharusnya mengenalkan E pada
puzzle yang mudah terlebih dahulu baru kemudian puzzle dengan tingkat kesulitan
diatasnya. Bagi E, Ini perlu dilakukan untuk meminimalisir stres karena merasa
tak mampu memecahkan masalah. Dan lagi-lagi kecerdasan matematis logis tak
melulu soal angka. Mengenal bentuk-bentuk geometri disekitar kita, serta
kemampuan memecahkan masalah pun termasuk kedalam kategori tersebut.
0 komentar
Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...