Game Level 6 Day 1: Menstimulasi Kecerdasan Matematis Logis, Melingkari...
Bismillah..
Game dipenghujung semester satu ini ternyata tentang
menstimulasi kecerdasan matematis logis pada anak. Bagi saya pribadi ini
benar-benar menjadi tantangan tersendiri mengingat pengalaman dengan yang
sampai saya ikutkan kum*n karena saya pernah merasa tak mampu menstimulasi
kecerdasan matematis logisnya saat itu. Meskipun akhirnya A tak bertahan lama
di sana. Maka saat mengetahui tantangan pada game level enam ini saya merasa
kali ini benar-benar kesempatan saya untuk belajar bersama dan E.
Hari pertama saya masih meraba-raba dan belum memastikan apa
yang akan saya mainkan bersama A dan E. Pagi hingga sore hari saya belum juga
menemukan ide. Sampai saat E tiba-tiba megambil handbook miliknya saat pernah
mengikuti sebuah taman bermain. E membolak-balik halaman handbook tersebut dan
menemukan beberapa gambar dengan tulisan berupa perintah untuk melingkari
gambar yang ada. E kemudian bertanya “tulisan apa ini ma?” saat itulah saya
menemukan momen AHA...
“Ooh.. ini ceritanya kita disuruh melingkari gambar-gambar ini, E...!”
“E, bisa ma... E mau melingkari ya...” ia bergegas mengambil kotak pensil dan mengeluaran sederet pulpen warna, saya hanya memperhatikan. Momen AHA bagi E.
Satu persatu gambar tersebut mulai dilingkari oleh E.
awalnya saya sangsi E akan bisa melingkari gambar tersebut, karena biasanya
kami hanya bermain tebak bentuk tanpa menggambar atau menuliskan bentuk
tersebut. Namun setelah saya melihat hasilnya saya justru terkejut karena E
bisa melingkari.
“ Wow... masya Allah sekarang E sudah mulai bisa melingkari ya...” ujar saya saat ia menunjukkan handbooknya.
“Oh ya, E tau ga di rumah kita ini apalagi ya yang berbentuk lingkaran?” tanya saya mencoba memancing E.
“Jam...!” teriaknya.
Dan kegiatan kami akhirnya berlanjut dengan acara mencari
bentuk lingkaran yang ada di rumah.
Catatan hari ini adalah saya kembali diingatkan bahwa
matematika selalu berada dekat disekeliling kita, dan ternyata tak sesulit itu
untuk menstimulasi kecerdasan matematis logis pada anak-anak. Hal berikutnya
yang tak luput dari perhatian saya adalah cara E memegang pensil yang kini
sudah jauh lebih baik. Ini berarti stimulus bagi keterampilan motorik halusnya
sudah mulai menunjukan hasil. Alhamdulillah...
0 komentar
Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar positifnya ya...